Sabtu 20 Jul 2013 12:00 WIB

Uni Eropa Sambut Kesepakatan Israel-Palestina dengan Menlu AS

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton
Foto: AP PHOTO
Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL-- Kepala Urusan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton Jumat (19/7) menyambut hangat kesepakatan prinsip mengenai dimulainya kembali perundingan antara Israel dan Palestina, dan memuji "keberanian" dari kedua pihak.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, perunding Israel dan Palestina akan bertemu di Washington dalam "pekan depan atau lebih" setelah menyepakati dasar untuk melanjutkan pembicaraan damai.

"Saya menyambut baik pengumuman hari ini dalam proses perdamaian Timur Tengah," Ashton mengatakan dalam satu pernyataan Jumat. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmud Abbas, menurut dia, telah menunjukkan keberanian dalam mencapai titik ini.

"Demonstrasi kepemimpinan mereka memberi saya harapan besar bahwa kita mungkin akhirnya melihat kemajuan menuju tujuan yang mereka sepakati bersama dengan teman-teman mereka dan sekutunya di seluruh dunia: perdamaian, keamanan dan martabat bagi rakyatnya"

Ashton memuji Kerry untuk tekadnya dalam membawa para pihak kembali bersama-sama. "Tentu saja ada perundingan yang sulit di depan dan keputusan sulit untuk diambil, namun Eropa akan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa perundingan itu berhasil," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement