Sabtu 20 Jul 2013 19:00 WIB

Raja Richard III Akan Dapat Makam Mewah

King Richard III
Foto: mashable.com
King Richard III

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Raja Richard III akan dimakamkan secara megah laiknya seorang raja Inggris. Ini setelah katedral tunduk pada tekanan publik yang menentang rencana pemakaman sederhana.

Kerangka Richard III ditemukan di bawah tempat parkir dan menjadi penemuan arkeologi paling signifikan dalam sejarah Inggris. Penemuan itu akhirnya mengakhiri misteri tentang kuburan Richard III selama 500 tahun terakhir.

Richard III merupakan Raja Inggris terakhir yang tewas dalam pertempuran. Ia akan dimakamkan di Katedral Leicester di Inggris tengah, sejalan dengan peraturan tentang menguburkan mayat dekat dengan tempat mereka ditemukan. Katedral sebelumnya enggan membangun makam megah tapi akhirnya mengalah setelah besarnya tekanan menuntut makam yang lebih mewah.

Keuskupan mengatakan, akan menghabiskan dana sebesar 1 juta pound pada upacara pemakaman ulang dan pemasangan nisan yang dirancang arsitek van Heynigen dan Haward. "Kami berkomitmen memakamkan kembali Raja Richard III dengan penuh kehormatan dan kami mendengarkan dengan seksama pandangan yang berbeda yang dikemukakan," kata David Monteith dari Katedral Leicester.

"Kami ingin menciptakan ruang yang benar-benar indah di katedral untuk dia dan ribuan orang yang kami kenal akan ingin datang untuk berkunjung dan memberikan penghormatan. "

Richard III (2 Oktober 1452-22 Agustus 1485), dibunuh saat ia berjuang untuk mempertahankan mahkotanya dalam suatu pertempuran di Bosworth Field pada 1485. Dia menjadi ayah dari beberapa anak, di antaranya pewaris tahta Kerajaan Inggris Raya dengan gelar Prince of Wales yang saat ini dianugerahkan kepada Pangeran Charles.

Philippa Langley yang memimpin proyek University Leicester untuk menemukan dan menggali kerangka Richard III mengatakan, makam yang diusulkan itu adalah layak diperoleh oleh raja. Richard III Society yang terlibat dengan proyek penggalian untuk menemukan makam raja itu mengaku terkejut atas usulan sebelumnya untuk sebuah makam yang sederhana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement