Selasa 23 Jul 2013 17:04 WIB

Skandal Makanan Beracun, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Red:
Murid-murid keracunan makanan di India
Murid-murid keracunan makanan di India

NEW DEHLI -- Kepolisian India mengeluarkan perintah penahanan atas kepala sekolah sebagai tersangka, menyusul meninggalnya 23 murid setelah menyantap makanan yang mengandung pestisida beracun.

Setelah melalui penelitian, ternyata minyak goreng yang digunakan memasak makanan siang murid-murid itu mengandung bahan kimia beracun dalam dosis yang tinggi.

Tim investigasi mengatakan, kepala sekolah, Meena Devi, kemungkinan memaksa juru masak sekolah menggunakan minyak goreng itu meskipun sang koki protes bahwa baunya aneh. Devi melarikan diri sejak insiden itu.

Polisi kini mengeluarkan perintah penahanan atas dirinya dengan tuduhan melakukan pembunuhan dan terlibat konspirasi kriminal.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO sebelumnya mendesak India mempertimbangkan larangan jenis pestisida yang didapati pada makanan itu.

Bahan kimia tersebut, monokrotofos, dilarang di banyak negara, termasuk Australia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement