Selasa 23 Jul 2013 11:29 WIB

Hujan Lebat Landa Cina, Sembilan Orang Tewas

 Hujan deras membuat jalan raya banjir di Shenyang, provinsi Liaoning, Cina.
Foto: EPA/Mark
Hujan deras membuat jalan raya banjir di Shenyang, provinsi Liaoning, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, XI'AN -- Sembilan orang tewas dan sedikitnya 11 orang cedera akibat longsor yang disebabkan hujan lebat yang mengguyur Kota Yan'an, Provinsi Shaanxi, Cina Barat-laut.

Hujan lebat telah mengguyur sebagian besar wilayah Kota Yan'an sejak Ahad (21/7) malam. Hal itu memicu bencana longsor di Kabupaten Fuxian dan Yanchang. Dari penyelidikan awal diketahui bahwa terjadi 163 kali lumpur longsir di seluruh kota pegunungan itu.

"Hingga Selasa, 64.716 orang telah terkena imbas oleh hujan lebat dan 15.811 warga lokal telah dipaksa mengungsi," demikian pernyataan yang dikeluarkan markas bantuan kemarau dan pemantau banjir di kota itu, Selasa.

Hujan lebat juga membuat air sungai dan bendungan naik, sehingga menimbulkan ancaman bagi warga yang tinggal di dekatnya.

Enam jalan raya dan 96 jalan desa di kota tersebut juga telah terputus. Sebanyak 71 jembatan rusak diterjang banjir.

Lumpur longsor yang disebabkan hujan juga telah mengakibatkan gangguan di sepanjang satu bagian Jalur Kereta Ekspres Baotou-Maoming di Kabupaten Fuxian sehingga keberangkatan semua kereta yang akan meninggalkan Ibu Kota Prvoinsi tersebut, Xi'an, menuju kota besar lain --Yan'an, Yulin dan Baotou-- ditunda.

sumber : Antara/Xinhua-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement