Kamis 25 Jul 2013 09:55 WIB

Tiga Militan Mesir Tewas Kena Bom Sendiri

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Kepala militer Mesir, Jenderal Abdel Fatah al-Sisi
Foto: policymic
Kepala militer Mesir, Jenderal Abdel Fatah al-Sisi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Tiga militan Mesir tewas di semenanjung Sinai, rabu (24/7) waktu setempat. Mereka tewas karena bom dalam mobil meledak sebelum sampai ke target. Bom diaktifkan setelah para pria masuk ke kota utara Sinai, al-Arish. 

Di tempat tersebut, dua tentara tewas dalam serangan senjata di pagi hari yang sama. Dalam laporan Al-Arabiya, kepala militer Mesir, Jenderal Abdel Fatah al-Sisi menyerukan demonstrasi untuk mendukung pengentasan teroris dan kekerasan. 

Kalangan Islamis tidak menerima pernyataan Sisi. Mereka menganggap pernyataan itu merupakan permintaan perang sipil. Apalagi, ada ketegangan yang meningkat setelah Presiden Muhammad Mursi digulingkan awal pekan ini. 

Permintaan demonstrasi dari militer tersebut membuat kesempatan kekerasan lebih besar antara pendukung dan penentang Mursi. Sebelumnya dilaporkan ada sembilan orang tewas awal pekan ini dalam demonstrasi yang sebagian besar dilakukan pendukung Mursi. 

Massa pendukung dan penentang Mursi bentrok. Para penembak jitu dilaporkan membunuh para pendemo dari kedua belah pihak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement