Sabtu 27 Jul 2013 09:56 WIB

Di Australia Ada Usulan: Memukul Anak Sendiri Melanggar Hukum

Red:
Memukul Anak (ilustrasi)
Memukul Anak (ilustrasi)

CANBERRA -- Sejumlah pakar kesehatan anak di Australia mengatakan, orang tua harus dilarang secara hukum memukul anak-anak mereka. Alasannya, pengalaman dipukul akan meningkatkan resiko anak menderita masalah kejiwaan. Sejumlah pakar kesehatan anak mengatakan bahwa orang tua harus dilarang secara hukum memukul anak-anak mereka.

PenelitianThe Royal Australasian College of Physicians menyatakan, hukuman fisik meningkatkan resiko anak untuk menderita masalah kejiwaan, seperti depresi atau perilaku agresif atau anti-sosial.

Karenanya, para pakar tersebut menginginkan agar segala hukuman fisik untuk anak dianggap ilegal. Saat ini, orang tua di Australia tidak dilarang menghukum anak secara fisik, selama masih dalam batas kewajaran.

Peneliti di Divisi Pediatri dan Kesehatan Anak di College tersebut, Profesor Kim Oates, mengatakan perubahan hukum dapat mengurangi resiko timbulnya masalah yang lebih besar dalam kehidupan anak-anak tersebut."Memukul anak berpotensi menjadi berbahaya. Banyak orang tua yang tumbuh dewasa secara baik meskipun pernah mengalami pemukulan waktu kecil, dan mereka tidak memukul anak mereka sendiri. Tapi kenapa kita harus mengambil resiko?" tuturnya.

Menurut Profesor Oates, mayoritas orang tua Australia masih memukul anak mereka, namun perilaku ini mulai berubah secara perlahan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement