Ahad 28 Jul 2013 19:14 WIB

Indonesia Diharapkan Mendinginkan Suasana Mesir

Rep: Amri Amrullah / Red: Citra Listya Rini
Militer Mesir
Foto: AP/Hassan Ammar
Militer Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia diharapkan dapat berperan lebih besar dalam politik internasional terutama dalam mendinginkan suasana Mesir saat ini. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri, Muyhidin Junaidi kepada Republika.

"Kami berharap pemerintah bisa bersikap high politic mempengaruhi kelompok negara Islam OKI untuk mendinginkan suasana Mesir selama Ramadhan," kata Muyhidin, Ahad (28/7). 

MUI prihatin jatuhnya korban jiwa di Mesir di tengah umat Islam dunia melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dan tidak ada satu pun negara muslim yang berinisiatif mendinginkan suasana di Mesir.

"Karena itu kita berharap Indonesia punya peran lebih, karena hubungan Mesir-Indonesia ada hubungan historis yang harus tetap diingat ketika awal kemerdekaan negeri ini," ujar Muyhidin. 

Ia memahami saat ini pemerintah dan mungkin negara-negara Islam lainnya masih wait and see terkait perkembangan politik Mesir. Namun, setelah jatuhnya korban jiwa atas serangan militer kemarin, negara Islam harus segera mengambil sikap mendinginkan suasana di Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement