Senin 29 Jul 2013 11:09 WIB

PM Rudd Kunjungi Pasukan Australia di Afghanistan

Red:
PM Australia Kevin Rudd kunjungi pasukan Australia di Afghanistan
PM Australia Kevin Rudd kunjungi pasukan Australia di Afghanistan

TARIN KOT -- Perdana Menteri Australia Kevin Rudd dan isterinya Therese Rein secara mendadak mengunjungi tentara Australia di Afghanistan.

Rudd berkunjung ke basis pasukan Australia di Tarin Kot dan menyampaikan terima kasih atas dedikasi mereka.  Ini adalah kunjungan Rudd yang kelima ke basis tersebut. Ia pertama kali berkunjung ke sana seminggu setelah terpilih menjadi perdana menteri di tahun 2007. "Ibu, ayah, saudara, isteri, suami, dan pasangan, serta anak-anak kalian semuanya merasa sangat bangga," kata Rudd. "Sudah waktunya kalian pulang."

"Pada waktu bendera Australia diturunkan untuk terakhir kalinya beberapa bulan lagi, kalian telah menjadi bagian dari sejarah," tambah PM Rudd.

Kunjungan ini juga menandai untuk pertama kalinya isteri seorang perdana menteri Australia berkunjung ke zona perang.  Therese Rein mengatakan, ia bangga bertemu dengan tentara Australia di sana.

Menjelang akhir tahun ini,1000 dari 1.300 tentara Australia yang berada di Afghanistan akan ditarik. Sekitar 300 akan tetap berada di Afghanistan sebagai penasehat dan pelatih yang berbasis di Kabul dan Kandahar.

Basis Tarin Kot akan diserahkan kepada Tentara Nasional Afghanistan. Tercatat, 40 tentara Australia tewas di Afghanistan sejak 2002.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement