Senin 29 Jul 2013 08:35 WIB

Gempa Susulan Getarkan Selandia Baru

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Gempa susulan dengan kekuatan 5,4 pada Skala Richter menggetarkan Ibu Kota Selandia Baru, Wellington, setelah gempa 6,5 pada Skala Richter mengguncang pada 21 Juli.

Badan Geologi Selandia Baru (GNS) mengategorikan gempa tersebut sebagai sangat kuat. Gempa terjadi 20 kilometer di sebelah timur bagian hulu South Island, Seddon, dengan kedalaman 12 kilometer.

Gempa terjadi pada Senin (29/7) sekitar pukul 01.07 waktu setempat. Itu adalah salah satu gempa susulan paling kuat yang menggetarkan wilayah tersebut sejak gempa bumi dengan kekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang Cook Strait pada Ahad lalu.

''Sehingga, gempa merusak sebanyak 30 bangunan di Wellington,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Sebanyak 25 orang melaporkan mereka menderita luka ringan setelah gempa 6,5 pada Skala Richter. Komisi Gempa Bumi (EQC) telah menerima lebih dari 2.000 pernyataan sejak Ahad lalu (21/7). Sebanyak 75 persen klaim berasal dari North Island dan 25 persen dari South Island.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement