Rabu 31 Jul 2013 09:31 WIB

Australia Barat Sumbang 10 Ribu Bibit Sapi untuk Indonesia

Red:
Sapi dari Australia
Sapi dari Australia

CANBERRA -- Menteri Pertanian Australia Barat, Ken Baston yang baru kembali dari Indonesia mengatakan pihaknya berencana menyumbangkan bibit sapi ke Indonesia untuk memperkuat hubungan perdagangan.

Ken Baston mendesak agar Pemerintah Federal membeli 10,000 bibit sapi ternak berumur satu tahun untuk dikirim ke Indonesia sebagai upaya mendorong  perdagangan sapi Indonesia - Australia.

Langkah ini diyakininya akan mampu mendongkrak kuota impor sapi Indonesia berikutnya  hingga 500.000 ekor. Menteri Baston mengatakan proposal ini tidak menggantikan kebutuhan yang lebih penting. "Proposal ini disampaikan oleh pihak-pihak yang terlibat langsung dalam industri ternak sapi Indonesia dan saya mempertimbangkannya. Dan menurut saya itu ide bagus, saya teringat pertemuan saya dengan Menteri Pertanian Indonesia dan tentu saja Ia menekankan program swasembada sapi Indonesia.

Tapi peternak sapi di kawasan utara tampaknya belum yakin. Peter Grey dari stasiun Glenflorrie di Pilbara mengakui rencana ini bagus, tapi menurutnya rencana meningkatkan pembibitan sapi di Indonesia kurang tepat. "Salah satu masalah terbesar peternak di Indonesia adalah mereka tidak memiliki ruang/lahan untuk membiakan ternak.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement