Jumat 02 Aug 2013 02:46 WIB

Pengacara: Teman-teman Amerika Bantu Snowden di Rusia

Edward Snowden
Foto: AP/The Guardian
Edward Snowden

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Edward Snowden, pembocor rahasia intelijen AS yang pada hari Kamis meninggalkan bandara udara di Moskow setelah mendapatkan suaka di Rusia, akan dibantu keberadaannya di negara tempat tinggalnya yang baru itu oleh "teman-teman Amerika", kata pengacaranya.

"Saya bisa memberikan sedikit informasi. Tentu saja ia sudah punya teman-teman di Rusia, teman-teman Amerika, yang bisa menjamin keamanannya untuk beberapa waktu," kata pengacara Rusia, Anatoly Kucherena, kepada stasiun televisi Rossiya 24.

"Saya tidak bisa melibatkan diri dalam urusan ini, saya tidak punya kompetensi dalam hal ini," tambahnya, tanpa memberikan informasi lebih rinci tentang identitas si "teman-teman".

Snowden meninggalkan bandara Sheremetyevo di luar Moskow secara misterius hingga membuatnya dapat menyelinap dari pengawasan para wartawan yang secara terus-menerus berjaga-jaga.

Stasiun televisi itu memperlihatkan sebuah foto, yang samar-samar memperlihatkan sang buronan AS itu.

Kamera hanya merekam bagian punggung Snowden, yang sedang membawa ransel serta sedang berada di dekat sebuah mobil di samping Kucherena dan sejumlah orang yang terlihat berpakaian seragama petugas keamanan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement