Jumat 02 Aug 2013 11:40 WIB

AS Akan Tutup Sejumlah Kedubes pada Hari Ahad

Kedubes AS di Suriah
Foto: dw-world
Kedubes AS di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di beberapa negara yang biasanya buka pada Ahad akan ditutup pada hari itu, termasuk kedutaan di Abu Dhabi, Baghdad, Kairo. Kementerian Luar Negeri AS menyatakan penutupan ini karena alasan keamanan.

"Kementerian Luar Negeri telah menginstruksikan beberapa kedutaan besar dan konsulat AS untuk tetap ditutup atau tidak beroperasi pada Ahad (4/8). Pertimbangan keamanan menjadi dasar kami untuk mengambil langkah pencegahan," kata Juru Bicara Kemenlu Marie Harf dalam briefing harian kepada wartawan, Kamis (1/8) waktu setempat.

Harf menolak menjelaskan lebih lanjut pertimbangan keamanan tersebut maupun nama-nama kedubes dan konsulat yang akan ditutup. Namun, seorang pejabat senior di Kemenlu mengatakan kantor-kantor kedubes yang ditutup itu adalah yang biasanya buka pada hari Ahad.

Menurut laman Kemenlu, kedubes-kedubes tersebut termasuk beberapa perwakilan AS di negara-negara Islam termasuk kedubes di Abu Dhabi, Baghdad, dan Kairo.

"Kementerian telah diberitahu bahwa disamping kewaspadaan dan pelayanan untuk karyawan dan pengunjung ke kantor kami, mengindikasikan bahwa kami harus mengambil langkah pencegahan," ujar Harf.

"Kementerian, jika kondisi memungkinkan, mengambil langkah seperti ini untuk menyeimbangkan operasi berterusan kami dengan keamanan dan keselamatan," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement