Sabtu 03 Aug 2013 09:30 WIB

Topan Tropis Jebi Mendarat di Cina

Awan gelap menyelimuti wilayah Hainan, Cina Selatan, sebagai pertanda topan tropis Jebi.
Foto: chinadaily.com.cn
Awan gelap menyelimuti wilayah Hainan, Cina Selatan, sebagai pertanda topan tropis Jebi.

REPUBLIKA.CO.ID, HAIKOU -- Topan-tropis kuat Jebi mendarat di Provinsi Hainan, Cina Selatan, Jumat (2/8) malam. Akibatnya, hujan lebat dan angin kencang yang telah membuat penerbangan dibatalkan dan lalu lintas laut dihentikan.

Jebi, topan tropis kesembilan yang menerjang Cina tahun ini, mendarat di Kotapraja Longlou, Kota Wenchang, pukul 19.30 waktu setempat. Topan itu membawa angin dengan kecepatan 117 kilometer per jam di dekat pusatnya, kata badan meteorologi setempat.

Banyak bagian di provinsi pulau tersebut, menurut lansiran dari Xinhua, Sabtu (3/8), yang terpengaruh oleh Topan Jebi, melaporkan hujan lebat pada Jumat, termasuk di Ibu Kota Haikou, Hainan, tempat banyak jalan di kota itu terendam air.

Di Kotapraja Longlou, yang parah dilanda topan, angin kencang menumbangkan pepohonan dan baliho. Banyak toko di pinggir jalan tutup dan sedikit pejalan kaki terlihat di jalanan. "Air seperti ditumpahkan di luar. Pohon berguncang keras, semua sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan berjatuhan," kata Huang Liangjin, penjaga keamanan di satu restoran di Longlou.

Topan itu juga telah memaksa kegiatan dihentikan di jalur kereta cepat di pulau tersebut, layanan pelayaran di Selat Qiongzhou, yang menghubungkan Provinsi Hainan dengan Guangdong di China Daratan, juga dihentikan pada Kamis (1/8).

Lebih dari 6.000 penumpang terdampar di Bandar Udara Internasional Sanya Phoenix di Kota Wisata Sanya. Lebih dari 110 pesawat yang dijadwalkan lepas-landas atau mendarat di bandar udara itu dibatalkan hingga pukul 16.00 waktu setempat.

Semua 26.900 kapal penangkap ikan di pulau tersebut telah kembali ke dermaga karena ada kekhawatiran mengenai keselamatan, kata beberapa pejabat kelautan. Pemerintah lokal memerintahkan perahu di selat tersebut untuk kembali ke pelabuhan pada pukul 20.00 Kamis (1/8), sebelum topan tropis Jebi berubah menjadi topan tropis kuat tiga jam kemudian, kata Biro Urusan Kelautan Haikou, Ibu Kota Hainan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement