Ahad 04 Aug 2013 18:45 WIB

Australia Sediakan Asuransi Bagi Penyandang Disabilitas

Red:
PM Australia Kevin Rudd
PM Australia Kevin Rudd

CANBERRA -- Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengumumkan telah dicapainya terobosan dalam perundingan mengenai dana pendidikan dan perawatan bagi penyandang disabilitas.

Berbicara di Brisbane, ibukota negarabagian Queensland, pagi ini (4/8), Rudd mengumumkan negarabagian Australia Barat telah setuju untuk ikut dalam skema asuransi disabilitas nasional, yang dikenal sebagai Disability Care (perawatan bagi penyandang disabilitas),
 
Australia Barat merupakan satu-satunya negara bagian yang belum menandatangani rencana itu,
 
Perdana Menteri Rudd juga mengumumkan, hari ini (4/8) negara bagian Victoria telah menyetujui rencana pemerintah bagi perombakan pendanaan sekolah yang disebut sebagai kesepakatan Sekolah Lebih Baik atau dikenal juga dengan sebutan persetujuan Gonski.
 
Menteri Pendidikan Australia Bill Shorten mengatakan, kesepakatan itu akan memastikan para siswa bisa memperoleh buku teks dan komputer.
 
"Siswa di sekolah-sekolah negeri di Victoria akan mendapatkan tambahan dana $6,8-milyar dollar dari pemerintah pusat dan tambahan $5,4-milyar dari negarabagian Victoria, seluruhnya tambahan $12,2-milyar dalam enam tahun kedepan bagi sekolah-sekolah negeri di Victoria," kata Bill Shorten.
 
"Kami mengimbau negara-negarabagian yang masih belum bersedia bergabung, yang kuatir akan ada semacam pengambil-alihan kewenangan oleh pemerintah pusat, agar memahami bahwa semua kubu politik sudah menelaah apa yang dilakukan partai Buruh federal ini dan mengatakan setuju," kata Menteri Pendidikan Australia itu.
 
Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Menengah Negeri Victoria, Frank Sal, mengatakan lega bahwa pemerintah federal dan pemerintah negara bagian sudah mencapai kesepakatan.
 
"Kesepakatan pendanaan ini jauh lebih baik daripada yang diusulkan oposisi dalam beberapa hari ini, dalam jumlah dana yang akan diterima sekolah, penanggulangan kebutuhan siswa, dan transparansi yang terkait dengan hal itu," kata Sal.
 
Sekarang tinggal Queensland dan Australia Barat yang belum menandatagani persetujuan Gonski.
 
Jurubicara Menteri Pendidikan Queensland mengatakan pengumuman Perdana Menteri Rudd itu tidak disangka-sangka.
 
Katanya, Queensland kemungkinan besar akan menyetujui kebijakan itu kalau diberi tawaran yang sama.
 
Kedua kesepakatan yang dicapai Perdana Menteri Rudd itu semakin menambah santer spekulasi bahwa Rudd sedang bersiap-siap untuk mengumumkan pemilu di bulan September.
 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement