Selasa 06 Aug 2013 07:29 WIB

Rahasia Awet Muda Vladimir Putin

Vladimir Putin
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rahasia kebugaran fisik dan penampilan awet muda Presiden Rusia Vladimir Putin terungkap. Menurut dokter utama Kremlin Sergei Mironov, rahasianya adalah ramuan kesehatan herbal serta kegemarannya berenang secara rutin untuk mengatasi stres.

"Alasan Putin terlihat jauh lebih muda dari usianya terutama karena tokoh berusia 60 tahun itu bersikap skeptis terhadap obat," ujar Mironov pada majalah mingguan Rusia Itogui.

Mironov mengungkapkan, orang kuat Rusia itu memilih obat nenek yang terdiri atas ramuan teh dengan madu, sauna atau pijat, disertai dengan kegemaran berenang secara teratur serta tidur yang cukup untuk membuatnya tetap terlihat muda,

"Meskipun presiden terbang lebih sering dari rata-rata jam terbang pilot, dia berusaha tidur saat terbang," kata Mironov.

Walaupun beredar rumor tentang kesehatannya yang memburuk dan dugaan melakukan operasi plastik, tokoh kuat Rusia itu juga dikenal oleh foto-foto yang menampilkan sisi atletisnya, salah satu yang terbaru adalah aksinya dalam memancing di Siberia.

"Ini adalah kebiasaan di Rusia untuk membagi cerita tentang kesehatan pejabat tertinggi kami," kata Mironov. "Saya tidak melihat alasan untuk menjaga hal semacam ini rahasia, meskipun tentu saja kita tetap mengingat kerahasiaan antara pasien dokter."

Pada akhir 2012, rumor berkembang di media tentang cedera punggung berkelanjutan selama aksi paralayang yang memaksa Putin untuk melewatkan pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa. Juru bicaranya Dmitri Peskov mengatakan bahwa meskipun presiden memang memiliki cedera masa lalu karena olahraga, hal itu tidak mengganggu kemampuannya untuk melaksanakan tugasnya.

Pada tahun 2010, penampilan Putin dengan mata hitam yang ditutupi dengan make up menimbulkan spekulasi media bahwa ia telah menjalani operasi plastik untuk memberikan penampilan yang lebih muda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement