Rabu 07 Aug 2013 15:51 WIB

ElBaradei Minta Pendukung Mursi Bubar Sebelum Idul Fitri

Rep: Stevy Maradona / Red: Mansyur Faqih
Mohamed Elbaradei
Foto: irannewsnow.com
Mohamed Elbaradei

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Wapres sementara Mesir, Mohamed ElBaradei berharap Ikhwanul Muslimin akan membubarkan aksi demonstrasi pada Idul Fitri tahun ini. "Saya berharap semua masalah ini bisa tuntas sebelum Idul Fitri," kata ElBaradei dalam wawancaranya dengan harian Al Sharq Al Awsat, Selasa (5/8).

Pemerintah Mesir menetapkan Idul Fitri pada Kamis. Tiga hari sesudahnya akan berlaku perayaan Idul Fitri. ElBaradei mengklaim pemerintahan sementara Mesir berupaya dengan intensif mengakhiri demonstrasi perlawanan kelompok Ikhwanul Muslimin yang mendukung mantan presiden Muhammad Mursi.

Kelompok pendukung mantan presiden Mursi itu terpusat di Kota Nasr, di Masjid Al Adawiya dan di Lapangan Al Nahda, Kota Giza. Dalam dua pekan terakhir, militer dan kelompok pro-Mursi bentrok dan mengakibatkan jatuh ratusan korban jiwa dari kubu Ikhwanul Muslimin.

ElBaradei mengatakan situasi demonstrasi mendukung Mursi itu tak bisa terus. Negara, kata dia, tak bisa membiarkan kelompok mana pun untuk menggunakan cara-cara kekerasan dalam demonstrasi. Menurut dia, pemerintah terus berusaha mengakhiri demonstrasi itu dengan cara-cara yang damai. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement