Rabu 07 Aug 2013 15:54 WIB

Senator Rusia Luncurkan Imbauan Untuk Bantu Keuangan Snowden

Edward Snowden
Foto: AP Photo/Human Rights Watch, Tanya Lokshina
Edward Snowden

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Senator Rusia pada Rabu (7/8) waktu setempat mengatakan meluncurkan imbauan untuk mengumpulkan dana bagi pembocor intelijen buron Amerika Serikat Edward Snowden, yang keuangannya menipis.

Snowden, yang pada pekan lalu mendapatkan suaka di Rusia setelah menghabiskan lebih dari lima pekan di wilayah singgah bandar udara Moskow, dikatakan oleh pengacaranya berada di tempat rahasia.

Ruslan Gattarov, anggota majelis tinggi parlemen Rusia, yang mengepalai komite tentang perlindungan data, mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa dia sudah didekati blogger dan pengusaha teknologi informasi, yang menawarkan dana untuk Snowden. "Kami mengatakan bahwa Snowden membutuhkan uang dan mereka siap untuk membantunya. Saya berhubungan dengan perwakilan dan mereka menyetujui ide itu, dan mengatakan bahwa Snowden kehabisan dana dan permohonan dana itu adalah tepat waktu," tuturnya.

Gattarov mengatakan sebuah situs internet khusus dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan uang dan menjelaskan bahwa sumbangan untuk Snowden bisa datang dari luar negeri maupun dari Rusia sendiri. AS ingin mengadili Snowden karena membocorkan rincian luas program pengawasan Amerika, tetapi Moskow tetap menolak untuk menyerahkannya.

Presiden AS Barack Obama mengatakan pada Selasa (6/8) bahwa dia kecewa dengan keputusan Rusia untuk memberikan suaka sementara satu tahun untuk Snowden. Gattarov sebelumnya telah menyarankan bahwa Snowden bisa mendapatkan pekerjaan di majelis tinggi Rusia, Dewan Federasi, mengenai isu-isu perlindungan data.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement