Rabu 07 Aug 2013 16:01 WIB

Israel Izinkan 'Arab Idol' Pindah ke Tepi Barat

Muhammad Assaf meraih gelar juara Arab Idol di Beirut, Lebanon, Sabtu (22/6).   (EPA/MBC)
Muhammad Assaf meraih gelar juara Arab Idol di Beirut, Lebanon, Sabtu (22/6). (EPA/MBC)

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Otoritas Israel mengizinkan sang Arab Idol, Mohammed Assaf untuk pindah ke Tepi Barat. Sebelumnya Assaf menghabiskan masa remaja di kamp pengungsian Kamp Younis, Gaza, Palestina.

Seperti dilansir dari Maanews, Rabu (6/8), Koordinator pemerintah Israel di Palestina, Jenderal Eitan Dangot mengaku Assaf akan lebih mudah bepergian ke luar negeri jika tinggal di Tepi Barat.

Saat ini Gaza masih mendapat blokade darat, laut dan udara dari pemerintahan Zionis sejak 2006 silam. Blokade ini semakin diperketat setelah Hamas memenangkan pemilu dan memerintah Gaza tahun berikutnya.

Sebelumnya sangat sulit seseorang dari Gaza mendapat izin tinggal di Tepi Barat. Namun keiistimewaan untuk pemuda berusia 23 tahun itu juga diberikan untuk kakak kandung, kakak ipar sekaligus manajernya.

Diizinkannya Assaf untuk pindah dari Gaza ke Tepi Barat menjadi harapan baru warga Palestina untuk mengikuti jejaknya. Badan Pengungsi PBB untuk Palestina UNRWA juga menobatkan Assaf sebagai duta pemuda untuk dua wilayah Palestina itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement