Kamis 08 Aug 2013 10:10 WIB

Palestina dan Mesir Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Suasana shalat Idul Fitri di salah satu lapangan bola di Kota Gaza, Palestina.
Foto: Dok MER-C Gaza
Suasana shalat Idul Fitri di salah satu lapangan bola di Kota Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Hari raya Idul Fitri pada Kamis (8/8) juga dirayakan sejumlah negara Arab termasuk Palestina dan Mesir. Di kedua negara tersebut, hilal sudah terlihat pada Rabu (7/8) petang.  

Idul Fitri bagi Mesir tahun ini dirayakan dengan kondisi keprihatinan. Krisis politik melanda negara tersebut dari bulan lalu. Ribuan pendukung Presiden terguling, Muhammad Mursi beberapa hari terakhir menduduki dua tempat di Kairo untuk menuntut pembebasan Mursi. 

Selain kedua negara tersebut, Kuwait, Uni Emirate Arab, Yordania, dan Arab Saudi dilaporkan merayakan Idul Fitri pada Kamis. Namun, negara Arab lain seperti Oman baru akan merayakan Idul Fitri pada Jumat besok seperti tertulis dalam laporan Al-Arabiya. 

Di Arab Saudi, Majelis Tertinggi menyatakan telah melihat hilal saat Rabu petang yang menandai akhir Ramadhan. Hilal terlihat di sejumlah wilayah di Saudi. 

Di Indonesia, Kementrian Agama juga mengumumkan Idul Fitri jatuh pada hari ini pada Rabu petang. Keputusan itu diambil setelah majelis sidang Isbat mendapat laporan hilal terlihat di sejumlah wilayah di Indonesia seperti Makassar dan Jawa Tengah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement