Jumat 09 Aug 2013 19:42 WIB

Erdogan: Wanita Turki Wajib Punya Tiga Anak

Rep: Lingga Permesti/ Red: Fernan Rahadi
Recep Tayyip Erdogan
Foto: AP
Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan imbauan kepada wanita di negeri itu untuk memiliki banyak anak. Bahkan Erdogan menyebut seorang wanita di Turki setidaknya memiliki tiga anak.

"Tapi besarkan mereka dengan baik," ujarnya dalam wawancara di Channel NTV Turki seperti dilaporkan Al Arabiya, Jumat (9/8).

Sebagai pemimpin, Erdogan merasa berhak memberi imbauan soal jumlah anak. Ia membandingkan seruannya ini dengan kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyeru hal yang sama. "Jika Putin bisa kenapa tidak di Turki?" ujarnya.

Erdogan juga mewanti-wanti setiap ayah di Turki wajib memberikan kebutuhan rumah tangga. "Termasuk finansial," katanya.

Kebijakan banyak anak tampaknya dilatarbelakangi lambatnya pertumbuhan penduduk negara dua benua itu. Seruan ini sekaligus kampanye Erdogan memerangi aborsi yang makin marak di Turki.

Statistik menunjukkan angka kelahiran di Turki mengalami kemerosotan hanya 0,12 persen tahun 2012. Artinya setiap wanita di Turki rata-rata hanya melahirkan dua anak, jauh dengan angka tahun 1978 dimana tiap wanita bisa melahirkan rata-rata empat anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement