Ahad 11 Aug 2013 22:45 WIB

Pemimpin Oposisi Umumkan Dewan Penasehat Aborigin

Red:
Tonny Abbott
Tonny Abbott

CANBERRA -- Pemimpin Oposisi Tony Abbot mengumumkan rencana untuk membentuk suatu dewan penasehat bumiputra Aborigin guna membantu menangani keterbelakangan komunitas-komunitas Aborigin.

Ketika berkampanye di festival Garma di Arnhem Land utara, Abbot berjanji akan menjadikan penghapusan jurang perbedaan sebagai prioritas utamanya, jika ia menang dalam pemilu nanti.

Ia menegaskan, dewan tersebut akan diketuai oleh tokoh Aborigin dan mantan ketua Partai Buruh, Warren Mundine.

Dikatakannya, Mundine akan mendorong suatu filosofi pembangunan komersial dan menolong diri sendiri, dalam upayanya membantu meningkatkan lapangan pekerjaan, pendidikan dan perumahan Aborigin.

 

Abbot mengatakan, dewan tersebut akan melakukan pendekatan dengan pengetahuan bumiputra Aborigin maupun non-bumiputra, dan akan bertemu dengan perdana menteri tiga kali setahun.

Dalam pidatonya, ia berbicara tentang perlunya anak-anak kembali ke sekolah dan orang dewasa bekerja, serta meningkatkan standar perumahan Aborigin.

Abbot, yang sudah lama menaruh minat pribadi pada masalah-masalah bumiputra Aborigin, juga berjanji akan melakukan apa saja yang mungkin untuk memperbaiki hak ulayat kaum Aborigin, jika ia menang.

Warren Mundine Photo: Warren Mundine is the Coalition's newly-appointed Indigenous advisor (Alan Porritt, File photo: AAP)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement