Senin 12 Aug 2013 17:32 WIB

KJRI: 452 RIbu WNI Bekerja di Sabah

Sabah salah satu kesultanan dibawah federasi Malaysia
Foto: Googlemap
Sabah salah satu kesultanan dibawah federasi Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Konsulat Jenderal RI Sabah, Malaysia mencatat 452.000 warga negara Indonesia yang berada di Sabah hingga Juli 2012.

Kepala KJRI Sabah, Soepeno Sahib di Kota Kinabalu, Senin menyatakan jumlah WNI tersebut terdiri dari pekerja, pelajar dan pejabat negara.

Menurut Soepeno, dari jumlah warga negara Indonesua tersebut yang telah memiliki dokumen keimigrasian yang sah sebagai pendatang asing dan telah mendapatkan visa kerja, baru 141.131 orang.

Sedangkan jumlah WNI yang memilih hak pilih yang saat ini berada di Negeri Sabah sebanyak 179.000 orang termasuk yang memiliki visa kerja.

Ketika ditanyakan jumlah WNI yang berada di Negeri Sabah yang tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah, Soepeno mengatakan belum mendapatkan data dari pemerintah Negeri Bagian Sabah.

"Kalau soal jumlah WNI yang berada di Sabah yang tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah kami belum tahu secara detailnya karena belum mendapatkan data dari pemerintah Sabah," ujarnya melalui hubungan telepon.

Jadi kata Soepeno, jumlah WNI yang sebagian besar tercatat sebagai TKI ilegal saat ini sedang menunggu data ril dari pemerintah Sabah sekaitan dengan rencana penerapan 5P khususnya penguatkuasaan dan pengusiran yang rencananya dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Ia mengakui WNI yang berada di Negeri Sabah sebagian besar bekerja di perladangan tanpa menggunakan dokumen keimigrasian yang sah sebagaimana layak pekerja asing lainnya.

Sebab, perusahaan ataupun majikan di negera bagian Malaysia tersebut masih menyenangi menggunakan jasa TKI tanpa dokumen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement