Selasa 13 Aug 2013 08:39 WIB

Pangeran Belanda Meninggal Dunia Setelah Koma 1,5 Tahun

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Pangeran Belanda Johan Friso
Pangeran Belanda Johan Friso

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pangeran Belanda, Johan Friso meninggal dunia setelah satu setengah tahun koma. Dia koma karena insiden saat main ski di sebuah resort di Austria.

Pangeran Belanda Friso, 44 tahun, dipindahkan dari rumah sakit di London ke Belanda bulan lalu. Namun, sejak itu dia menderita komplikasi.

Dia terkena longsor pada Februari 2012 dan terkubur selama 15 menit. Raja Willem-Alexander dan Queen Maxima mengatakan mereka pulang dari liburannya di Yunani.

"Pangeran Friso meninggal karena komplikasi terkait luka di otak yang dia derita setelah insiden ski di Lech, Austria pada 17 Februari 2012," begitu pernyataan kerajaan dikutip BBC. Dia meninggal pada Senin (12/8) pagi.

Istrinya, Putri Mabel mengatakan merayakan ulang tahunnya ke-45 pada Ahad di samping ranjang suaminya. Pasangan tersebut memiliki dua putri, Luana dan Zaria.

Pangeran bekerja beberapa tahun di London. Pekerjaan terakhirnya sebagai kepala keuangan di Urenco pada 2011 dan sebelumnya bekerja di bank investasi, Goldman Sachs.

Friso merupakan anak kedua dari tiga anak Ratu Beatrix. Namun, dia tidak berada di garis kekuasaan kerajaan setelah menikah dengan Mabel Wisse Smit pada 2004. Hal itu karena Mabel sebelumnya terlibat dalam kriminal narkoba di Belanda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement