Kamis 15 Aug 2013 10:00 WIB

Korsel-Korut Sepakat Buka Kembali Kawasan Kaesong

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kawasan industri Kaesong
Foto: Reuters
Kawasan industri Kaesong

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan dan Korea Utara sepakat membuka kembali kawasan industri bersama, Kaesong setelah sebelumnya ditutup karena ketegangan keamanan kedua negara. Hal itu disampaikan kedua negara dalam pernyataan bersama pada Rabu (14/8) waktu setempat.

Mereka sepakat untuk mengoperasikan kembali kawasan industri Kaesong dan mencegah adanya penutupan lagi. Namun, mereka tidak memberi tanggal kapan dibuka.

Dalam laporan Al-Jazeera lima poin kesepakatan dibuat setelah tujuh ronde pembicaraan untuk mengaktifkan kembali operasional kawasan industri secepatnya. Komite bersama akan dibentuk untuk mendiskusikan kompensasi atas kerugian ekonomi setelah penutupan kawasan industri.

Kesepakatan tersebut akan membantu menurunkan ketegangan setelah peluncuran latihan bersama Korsel dan militer AS pada Senin lalu. Hal itu membuat Korut memperingatkan semenanjung Korea bisa perang.

Pada April lalu, Korut menarik 53 ribu pekerjanya dari kawasan industri setelah ketegangan terjadi karena tes nuklir. Korut mengancam menyerang Korsel dan AS. Kawasan industri Kaesong dibangun pada 2004 dan menjadi simbol kerjasama kedua Korea. Kaesong menjadi pemasukan valuta asing bagi Korut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement