Jumat 16 Aug 2013 20:07 WIB

Ibu Kota Selandia Baru Diguncang Gempa

Red:
Wellington dilanda gempa
Wellington dilanda gempa

WELLINGTON -- Gempa berkekuatan 6.8 skala ritcher mengguncang ibukota Selandia Baru, Wellington, hari Jum'at (16/8). Kabar ini dilaporkan oleh US Geological Survey.

Sentra informasi bencana geologis Selandia Baru, NZ Geonet, melaporkan bahwa gempa tersebut memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer.  Terjadi juga dua gempa susulan dengan kekuatan 5.7 dan 4.2 skala ritcher. 

Gempa ini tidak disusul peringatan tsunami, namun dilaporkan mengakibatkan kerusakan bangunan dan setidaknya satu rumah runtuh di daerah Nelson.  Transportasi udara dan kereta api dilumpuhkan sementara dilakukan pemeriksaan terhadap rel dan landasan pesawat. 

Dilaporkan juga beberapa daerah mengalami mati lampu di bagian utara pulau South Island. 

Pada tahun 2011 lalu, kawasan Canterbury di South Island diguncang gempa berkekuatan 6,3 skala ritcher. Gempa tersebut menewaskan hampir 200 orang. Selandia Baru merupakan negara yang cukup sering mengalami gempa bumi. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement