Jumat 16 Aug 2013 13:52 WIB

Soal Mesir, JK: Masalah Mereka, Masalah Kita Juga

Rep: Hannan Putra/ Red: Mansyur Faqih
Jusuf Kalla
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan wapres RI Jusuf Kalla (JK) ikut menyatakan penyesalannya terhadap pembantaian rakyat Mesir. Menurutnya, setiap umat Islam harus tergerak hatinya ketika dihadapkan kasus pembantaian di Mesir. "Kesulitan mereka kesulitan kita juga, masalah mereka, masalah kita juga," ujarnya di Jakarta, Jumat (16/8).

Namun, lanjutnya, karena menyangkut masalah dalam negeri, umat Islam di Indonesia tidak bisa berbuat banyak untuk membantu rakyat Mesir. "Kita jauh, kita tidak bisa berbuat banyak. Tapi dengan doa, insya Allah bisa kita bantu. Bayangkan dahsyatnya doa, jika 200 juta umat Islam di Indonesia memanjatkan doa untuk Mesir," paparnya.

Ia bersyukur, Indonesia kendati pernah mengalami reformasi dan penggulingan kepemimpinan Suharto, namun tidak sampai separah Mesir. "Kita bersyukur, di Indonesia ini aman. Saat ini saudara-saudara kita di Mesir, Suriah, dan Palestina tengah dibunuh," jelasnya.

Ia pun memperingatkan otoritas yang saat ini berkuasa di Mesir. Dikatakan, jika mereka sudah melewati batas, maka negara-negara Muslim tidak akan tinggal diam. "Kalau mereka terlalu keras, pasti PBB akan bertindak. Seperti mengirim pasukan. Indonesia pasti akan ikut di sana," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement