Jumat 16 Aug 2013 17:13 WIB

Permukaan Air Laut Naik, Warga Fiji Dipindahkan

Red:
Kepulauan Fiji
Kepulauan Fiji

FIJI -- Warga yang tinggal di 34 desa pesisir di Fiji bergegas merencanakan pindah rumah karena naiknya permukaan air laut.

Pemerintah Fiji telah mengidentifikasi desa-desa yang kemungkinan besar akan menderita dampak perubahan iklim dalam lima sampai sepuluh tahun mendatang.Se buah desa di provinsi Bua sudah dipindahkan ke Yadua dan ada rencana untuk memindahkan desa Tavea tidak lama lagi.

Veresa Ceguadrau, seorang aktivis lingkungan dan perubahan iklim di Bua, mengatakan kepada ABC, pemindahan itu merupakan satu-satunya pilihan yang aman bagi banyak desa. "Di saat gelombang pasang dan saat angin puyuh, air atau sampah langsung masuk ke desa itu, mengakibatkan rusaknya rumah-rumah," katanya.

[removed]// [removed]
 "Tidak ada pilihan selain memindahkan mereka, khususnya di saat gelombang pasang. Tinggi permukaan air bisa mencapai depan rumah mereka," katanya.

Menurut Ceguadrau, situasi sekarang menjadi mendesak dimana jelas terlihat kerusakan yang dialami kepulauan itu, seperti garam membanjiri lahan petani yang hidup sekedarnya. "Banyak kerusakan di garis pantai, khususnya pohon-pohon asli setempat yang biasanya tumbuh dekat air," katanya. 

Menurut Ceguadrau, lebih dari 200 orang terkena dampak kenaikan permukaan air laut, dan masyarakat meminta bantuan relokasi dari sejumlah pemerintah.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement