Kamis 22 Aug 2013 17:20 WIB

Bus Masuk Jurang 60 Meter, 37 Tewas 16 Selamat

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sebanyak 37 orang tewas setelah bus pariwisata tercebur ke dalam jurang di bukit dekat tempat pelancongan di Malaysia pada Rabu (21/8). Sebanyak 16 orang selamat dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan itu merupakan salah satu yang terburuk dalam satu dasawarsa di negeri tersebut. Korban telah dikirim ke beberarap rumah sakit di dekat lokasi kecelakaan. Beberapa orang berada dalam kondisi kritis.

Kebanyakan penumpang bus adalah warganegara Malaysia. ''Tiga penumpang merupakan warga asing, termasuk satu warganegara Cina,'' kata polisi. Kewarganegaraan korban tewas belum diketahui.

Peristiwa tersebut terjadi ketika bus sedang menuruni bukit dari tempat pelancongan Genting Highlands pada sore hari. ''Bus tiba-tiba keluar dari jalan dan jatuh ke jurang sedalam 60 meter,'' kata pihak berwenang.

Penyebab kecelakaan itu belum diketahui. Seorang pekerja pertolongan mengatakan pengemudi bus, yang termasuk di antara korban tewas, tampaknya kehilangan kendali saat bus memasuki tikungan di jalan yang menurun.

''Akibat tebing terjal dan tanaman tebal di lokasi kecelakaan, petugas pertolongan harus memasang katrol untuk mengangkat korban,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Kamis.

Anjing pelacak polisi juga telah dikerahkan untuk mencari penyintas sebelum upaya pencarian dan pertolongan diakhiri pada Rabu larut malam.

Bus itu adalah bus ulang-alik reguler yang membawa pelancong antara Kuala Lumpur dan tempat pelancongan di puncak bukit yang biasanya tertutup kabut dan awan tebal.

Genting Hihglands, yang berada sekitar 50 kilometer dari Kuala Lumpur, adalah objek wisata terkenal karena udaranya yang sejuk dan satu-satunya kasino di negeri itu. Namun, jalan ke tempat pelancongan tersebut memiliki banyak tikungan tajam dan lereng terjal.

Pada 2012, dua wisatawan asal India tewas dan 20 penumpang lain cedera ketika satu bus pariwisata terbalik di dekat Genting Highlands. Pada 2010, tujuh orang tewas dan sebanyak 20 orang lagi cedera ketika satu bus pariwisata selip dan terbalik di dekat tempat pelancongan itu.

Pada penghujung 2010, satu kecelakaan bus di dekat Cameron Highlands. Kecelakaan itu merenggut 27 jiwa yang kebanyakan wisatawan Thailand.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement