Selasa 27 Aug 2013 08:37 WIB

Rusia Siapkan Evakuasi Warganya dari Suriah

 Tentara Suriah berjalan di antara bangunan yang hancur akibat perang saudara yang melanda negara tersebut.
Foto: EPA/STR
Tentara Suriah berjalan di antara bangunan yang hancur akibat perang saudara yang melanda negara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Rusia telah mengalokasikan sekitar 1,4 juta rubel (40.000 dolar AS) untuk memberikan tempat penampungan sementara bagi warga Rusia yang mengungsi dari perang sipil di Suriah, kata pemerintah Senin.

Sebuah dekrit yang disiarkan di situs informasi hukum resmi Rusia mengatakan, uang itu akan dialokasikan dari pemerintah Rusia dari dana cadangan untuk membiayai perumahan sementara (sampai lima hari) untuk warga negara Rusia dan anggota keluarga mereka yang sedang dievakuasi dari Suriah, dan untuk mengangkut mereka ke akomodasi sementara atau permanen mereka.

Dinas Layanan Pers Pemerintah Rusia mengatakan sebelum masalah itu dipertimbangkan oleh kabinet pekan lalu, lebih dari seratus warga Rusia dan anggota keluarga mereka memerlukan bantuan negara sebelum mereka resmi mengajukan permohonan status pengungsi.

Situasi di Suriah makin memburuk dengan dugaan serangan senjata kimia yang menewaskan 1.300 orang di daerah dekat ibu kota Damaskus, yang diklaim negara-negara Barat dilakukan oleh rezim Presiden Bashar al-Assad. Namun tuduhan itu tetapi dibantah dan pemerintah justru menuding pihak pemberontak sebagai pelaku dan pihaknya telah menemukan bukti mengenai serangan senjata kimia itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement