Kamis 29 Aug 2013 09:42 WIB

Cina Ingin Pererat Hubungan dengan ASEAN

Peta ASEAN
Foto: confluence.furman.edu
Peta ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Cina mengajak ASEAN untuk mempererat hubungan baik dalam kerangka kemitraan strategis di segala bidang utamanya ekonomi hingga dapat bersama-sama memajukan Asia di tingkat global.

Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi dalam pembukaan Pertemuan Khusus Menlu ASEAN-Cina di Beijing, Kamis, (29/8) ia mengatakan kerja sama yang erat antara ASEAN dan China merupakan pilar penting tidak saja bagi kedua pihak tetapi juga stabilitas, keamanan dan kemakmuran kawasan Asia Tenggara khususnya dan Asia umumnya.

"Oleh karena itu ke depan, kedua pihak harus terus berupaya meningkatkan saling pemahaman untuk mempererat kemitraan strategis ASEAN-Cina di masa depan berdasar saling menguntungkan" katanya, dalam pertemuan yang dilaksanakan untuk memperingati 10 tahun kemitraan strategis ASEAN-Cina itu.

Wang Yi menambahkan, "Kami berharap kita dapat membangun saling percaya untuk membangun stabilitas, keamanan dan kemakmuran di kawasan secara lebih komprehensif, di bidang perdagangan, investasi, sosial budaya serta keamanan,".

Ia mengemukakan posisi ASEAN yang semakin kuat dapat menjadi mitra Cina untuk bersama-sama mengelola stabilitas, keamanan dan kemakmuran di Asia.

"Kita dapat sama-sama mengelola setiap persoalan yang termasuk di Laut Cina Selatan dengan baik, meski apa yang terjadi di Laut Cina Selatan tidak mengganggu kemitraan strategis yang telah berjalan 10 tahun," katanya.

Wang Yi juga mengajak ASEAN untuk memperkuat dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan sehingga Cina dan ASEAN dapat menjadikan Asia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global.

"Terkait itu, Cina sangat mendukung konektivitas ASEAN karena tidak saja akan meningkatkan hubungan antarmasyarakat ASEAN, tetapi juga dapat menciptakan saling pemahaman dan bersama Cina membangun ekonomi kawasan yang saling menguntungan kedua pihak," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement