Kamis 29 Aug 2013 19:16 WIB

Partai Oposisi Kamboja Persiapkan Protes Massal 7 September

Bendera Kamboja (Ilustrasi)
Bendera Kamboja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH-- Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) dari kubu oposisi, Kamis (29/8) sore, memberi pelatihan buat anggotanya mengenai cara menyelenggarakan demonstrasi damai. Pelatihan itu sebagai persiapan protes massal yang direncanakan 7 September, demikian pernyataan partai itu.

Pelajaran tersebut, katanya, diberikan di markas partai di pinggiran Phnom Penh. "CNRP, melalui kerja sama dengan organisasi non-pemerintah, menyediakan pelatihan buat kelompok kerja partai guna mempersiapkan demonstrasi massa damai dan tanpa kekerasan pada 7 September," kata pernyataan itu.

Partai tersebut, katanya, akan menyelenggarakan dua pelatihan protes pada 1 dan 5 September.

Presiden CNRP Sam Rainsy, Kamis, mengatakan protes massal 7 September tersebut tak dimaksudkan untuk menggulingkan pemerintah saat ini di bawah Perdana Menteri Hun Sen --yang sudah lama memangku jabatan, tapi untuk menuntut pembentukan komite independen penyelidikan penyimpangan dalam pemungutan suara, demikian laporan Xinhua.

Rainsy juga kembali menyeru Partai Rakyat Kamboja, pimpinan Perdana Menteri Hun Sen, agar melanjutkan perundingan tentang pembentukan komite yang diusulkan itu. "Jika pembicaraan antara kedua pihak ke arah pembentukan komite independen penyelidikan pemungutan suara telah dilanjutkan, kami akan membatalkan rencana protes kami," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement