Sabtu 31 Aug 2013 22:50 WIB

Membidik Selama Tiga Tahun, Akhirnya Menang Fotografi Award Australia

Red:
Foto Nyaris Tabrakan yang memenangkan Fotografi Award di Australia
Foto Nyaris Tabrakan yang memenangkan Fotografi Award di Australia

Foto hitam putih yang mengabadikan gambar dua burung yang saling menghindar karena nyaris bertabrakan di udara, memenangkan penghargaan fotografi bergengsi Australia, beberapa tahun setelah foto itu diambil.

Foto yang diberi judul "Nyaris Tabrakan"  ini merekam gambar burung osprey (elang) dan spoonbill (sejenis ibis) sedang terbang di langit di atas kawasan lahan basah Mandurah di Barat Australia dan  merupakan satu dari 2000 foto yang ikut dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Foto itu diambil oleh fotografer amatir David Rennie, yang sekarang dinobatkan sebagai Fotografer Geografi dan Alam Australia ANZANG tahun ini, sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan oleh Museum Australia Selatan.

Para juri memuji foto tersebut karena berhasil merekam objek dengan sangat tajam sehingga terlihat sangat nyata dan kekontrasan warna objek dengan latar langit yang berawan.

 

Sang fotografer, Rennie mengatakan dirinya menjadi pengagum satwa burung sejak kecil karena Ia besar di peternakan yang terletak tidak jauh dari kawasan lahan basah Mandurah. Ia menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk melacak keberadaan keluarga burung elang dengan kameranya.

"Burung elang itu sedang berusaha menangkap ikan. Dan hari itu, burung tersebut sudah 5 kali meluncur ke air untuk menangkap ikan, tapi tidak pernah berhasil," ungkap Rennie menceritakan objek bidikannya.

"Setelah usahanya yang ke-5 gagal, burung elang itu berulang kali melihat kearah cakarnya, dibuka dan ditutup, dibuka dan ditutup. Ketika sedang melakukan itu, tiba-tiba secara mendadak datang burung ibis spoonbill yang hendak meluncur ke bawah.”

"Terkejut karena nyaris bertabrakan, sayap kedua burung itu langsung terbuka seperti parasut.”

"Jika anda mempelajari sesuatu cukup lama, maka Anda akan mulai melihat hal-hal yang mereka lakukan dan lama kelamaan anda akan menyadari mereka akan melakukan sesuatu lebih dulu sebelum mereka melakukannya.

"Foto itu merupakan keberuntungan , tentu saja itu keberuntungan, tapi saya berhasil karena berada di sana.

"Sehabis memotret gambar itu, saya berhenti menggunakan kamera saya dan langsung pulang,  karena saya tau  saya sudah berhasil menjepret gambar yang sangat bagus.”

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement