Jumat 30 Aug 2013 12:20 WIB

Inggris Kirim Jet Tempur Dekati Suriah

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Lokasi laut Siprus, dekat ke wilayah Suriah.
Foto: warofweekly.blogspot.com
Lokasi laut Siprus, dekat ke wilayah Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris mengirim enam pesawat tempur ke Siprus untuk pertahanan jika serangan militer dilakukan terhadap rezim Assad di suriah. Pesawat perang akan dipersenjatai dengan Amraams, rudal udara jarak menengah dan Asraams, rudal jarak pendek serta meriam.

"Kami mengonfirmasi sebagai bagian dari rencana pertahanan, enam jet RAF Typhoon pencegat rudal ditempatkan pagi ini di Siprus. Ini adalah kebijakan dan pencegahan untuk menjamin perlindungan kepentingan Inggris, " ujar juru bicara kementrian pertahanan Inggris dikutip The Independent pada Kamis (29/8).

Sementara itu, kantor berita Rusia, Interfax mengonfirmasi, Moskow mengirim dua kapal perang ke Mediterania timur. Mereka mengutip sumber dari angkatan bersenjata.

Rusia adalah sekutu Suriah dan mereka menempatkan kapal rudal dan kapal anti-kapal selam. Amerika Serikat sebelumnya telah bersiap lebih dahulu di Mediterania. Mereka memposisikan kapal perang di dekat Suriah jika sewaktu-waktu ada perintah untuk menyerang rezim Assad dari Presiden Barack Obama.

Ketegangan di Mediterania naik setelah AS dan aliansi negara barat mempertimbangkan intervensi militer ke Suriah untuk menanggapi serangan senjata kimia pekan lalu. Mereka menuduh rezim Presiden Bashar al-Assad berada di balik serangan senjata kimia yang menewaskan ratusan orang. Assad membantah tuduhan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement