Sabtu 31 Aug 2013 16:41 WIB

Perenang AS Akan Seberangi Havana-Florida

Bendera AS
Bendera AS

REPUBLIKA.CO.ID,Perenang asal Amerika Serikat Diana Nyad akan berenang dari Kuba menuju Florida akhir pekan ini, dengan persiapan lebih baik menghadapi hiu, ubur-ubur dan arus teluk yang pernah menggagalkan empat kali upaya terdahulunya dalam penyeberangan sejauh 166 km itu.

Jika berhasil, Nyad (64) akan menjadi pemegang rekor dunia berenang terjauh di lautan terbuka tanpa bantuan, artinya tanpa kandang pelindung ikan hiu, yang diperkirakan memakan waktu 60 jam. Peralatan yang memancarkan arus listrik rendah di air akan membuat hiu-hiu menghindar ke pantai.

Nyad mengatakan, Jumat, sebuah masker pelindung dari silikon akan melindunginya dari sengatan ubur-ubur beracun yang memaksanya mengakhiri dua kali upaya pelintasannya tahun lalu.

Ia mengatakan, masker itu akan memperlambat gerakannya sehingga diperlukan waktu sekitar 80 jam untuk mengakhiri renangannya. Namun masker itu bisa membantu melindunginya dari sengatan melumpuhkan dan racun - termasuk dari ubur-ubur kotak yang mematikan - hingga tingkat berbahaya dalam sistem tubuhnya seperti yang terjadi tahun lalu.

Petir dan ombak laut yang mengalir dari barat ke timur melalui Selat Florida merupakan faktor lain yang menghentikan dua kali upaya Nyad pada 2012.

Kali ini, ia yakin bisa melakukannya dan saat berangkat pada Sabtu, ia menyatakan bahwa ini juga akan menjadi usahanya yang terakhir.

"Ini adalah mimpi saya. Mimpi itu kehidupan. Saya menginginkannya, saya ingin sampai di tujuan," kata Nyad di Hemingway Marina, sebelah barat Havana.

"Bahwa ada garis jelas antara mendapat rahmat dan melepaskan sesuatu yang tidak bisa anda kendalikan, dan anda tidak akan mengalahkan alam mungkin," katanya.

Perairan berbahaya yang dikenal sebagai Selat Florida merupakan tempat suci bagi perenang maraton. Perairan ini hanya pernah sekali ditaklukkan oleh perenang Australia Susie Maroney, yang menggunakan kandang pelindung di usia 22 tahun pada 1997 dan memakan waktu 25 jam.

Nyad yang merupakan warga asli New York dibesarkan di selatan Florida oleh ibu berkebangsaan Prancis dan ayah tiri keturunan Yunani-Mesir.

Sebelumnya ia telah mencatatkan renangan jarak jauh, termasuk berenang di sekitar pulau Manhattan dan melintas dari Bahamas menuju Florida pada 1979.

Nyad akan didampingi oleh armada kecil dengan lima kapal boat dan 35 awak kapal untuk menjaganya tetap pada lintasan saat melalui arus teluk yang kuat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement