Ahad 01 Sep 2013 07:40 WIB

Kairo Tuding Hamas Tahan Warga Mesir

Aktivis Hamas Palestina.
Foto: AP/Adel Hana
Aktivis Hamas Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kementerian luar negeri Mesir, Sabtu (31/8) waktu setempat, menuduh pihak penguasa Hamas menyerbu pusat kebudayaan Mesir di daerah Palestina itu dan menahan beberapa warga Mesir.

"Kementerian luar negeri mengecam keras tindakan yang tidak bertanggung jawab ini dan menuntut pembebasan mereka," katanya mengenai para warga Mesir yang ditahan Hamas.

Sementara, Hamas mengatakan satu penyelidikan keamanan sedang dilakukan terhadap seorang warga Palestina dari Gaza yang memiliki kewarganegaraan Mesir.

''Pada tahap ini, tidak ada keputusan untuk menahan dia," kata juru bicara Hamas, Ehab al-Ghossein, kepada AFP. Sumber-sumber Palestina mengatakan pria yang diperiksa itu, Abdel Abdel Rahman El-Kahlout, adalah ketua pusat kebudayaan Mesir di Gaza.

Tetapi, juru bicara Hamas menegaskan Kahlout berbohong ketika ia mengatakan ia adalah kepala perwakilan rakyat Mesir di Gaza.

Satu sumber yang dekat dengan kedubes Mesir di Ramallah mengatakan dinas keamanan Hamas telah menyelidiki pria itu tentang satu pernyataan yang beredar di kalangan warga Mesir di Gaza mendukung Jenderal Abdul Fattah Alsisi, panglima militer Mesir.

Hubungan antara Mesir dan gerakan Hamas memburuk secara tajam sejak penggulingan yang dipimpin militer terhadap presiden Muhammad Mursi pada 3 Juli.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement