Ahad 01 Sep 2013 18:31 WIB

Mandela Keluar Dari Rumah Sakit

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Nidia Zuraya
Nelson Mandela dan Graca Machel pada 1996
Foto: EPA/Nic Bothma
Nelson Mandela dan Graca Machel pada 1996

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Tokoh perdamaian Afrika Selatan, Nelson Mandela akhirnya keluar dari rumah sakit. Presiden Afrika Selatan, dalam situsnya mengatakan Mandela, yang masih dalam kondisi kritis akan dibawa ke rumah dia, di Johannesburg dan tetap mendapat perawatan intensif.Pemimpin Anti Apartheid ini telah dirawat di rumah sakit di ibukota Pretoria semenjak 8 Juni lalu.

Pemerintah mengatakan mantan Presiden Afrika Selatan itu mengalami infeksi paru-paru kronis. Presiden Jacob Zuma, dalam sebuah pernyataan, mengatakan sampai saat ini kondisi Mandela masih belum stabil. Meski begitu ia tetap diperbolehkan pulang, walau Sabtu (31/8) kemarin muncul kabar bahwa Presiden pertama Afrika Selatan yang terpilih secara demokratis itu meninggal dunia. Namun pejabat Afsel membantah pria berusia 95 tahun telah berpulang.

Zuma, dalam pernyataan kepresidenan, dikutip dari BBC, mengatakan tim dokter meyakini Nelson Mandela akan menerima perawatan intensif yang sama, meski ia kini tinggal di rumah. Hal ini karena rumah dia telah di atur ulang sehingga bisa merawat Mandela secara intensif. Selain itu petugas kesehatan, baik dokter maupun perawat yang menjaga dia dirumah sakit pun ada di tempat tinggal dia. Sehingga apapun yang terjadi, meski kondisi Mandela memburuk lagi, maka semua bisa segera ditangani dirumah.

Masyarakat dunia terus memperhatikan berita kesehatan sosok transformatif yang memimpin kekuasaan kulit putih menuju demokrasi itu. Bahkan pada 18 Juli lalu, ketika Mandela masih berada di rumah sakit, rakyat Afrika Selatan merayakan ulang tahun Mandela yang ke 95 tahun secara meriah

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement