Senin 02 Sep 2013 08:59 WIB

Dilaporkan Memperkosa, Pendeta India Ditangkap

Asaram Bapu
Foto: the Guardian
Asaram Bapu

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Seorang guru spiritual India telah ditangkap polisi atas tuduhan pemerkosaan yang diajukan oleh  gadis remaja di negara bagian Rajasthan.

Asaram Bapu ditangkap di sebuah tempat pertapaan rohani di India tengah. Dia kemudian diterbangkan ke kota Jodhpur. Bapu dicari karena diduga memperkosa gadis di kota tersebut, kata perwira senior polisi Ajay Singh Lamba seperti dikutip the guardian.

Kasus ini adalah yang terbaru dalam serangkaian insiden perkosaan  di India. Maraknya kasus pemerkosaan  elah memicu protes publik dan menimbulkan pertanyaan mengenai penanganan polisi terhadap kasus ini dan perawatannya teerhadap korban.

Gadis itu mengajukan tuduhannya dua pekan lalu. Ketika itu, si gadis menuduh pendeta Hindu memperkosanya saat dia dan ibunya mengunjungi tempat pertapaan di Jodhpur.

Anggota keluarganya mengatakan, mereka telah pengikut Bapu selama lebih dari satu dekade. Bapu, yang memiliki ratusan ribu pengikut di India terkenal akan pemikirannya terhadap Agama Hindu. Bapu pun telah membantah tuduhan pemerkosaan tersebut.

Pada Sabtu (31/8) waktu setempat, ada drama yang mewarnai penangkapan Bapu. Ketika polisi tiba di Rajasthan, di pertapaan Bapu, ratusan pendukungnya memadati Ashram dan menyerang kru televisi. Bapu diperiksa selama hampir tiga jam sebelum dia ditangkap, kata polisi.

Sebelumnya, Bapu memang sempat menimbulkan kemarahan publik India atas komentarnya tentang kasus pemerkosaan. Menurutnya, korban perkosaan massal di bus di New Delhi tak akan terluka jika dia menghadapi penyerang sebagai saudara dan memohon mereka untuk menyelamatkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement