Senin 02 Sep 2013 19:39 WIB

Sepertiga Penduduk Suriah Jadi Pengungsi

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Pengungsi Suriah berjalan di kamp pengungsian di Irak
Foto: AFP
Pengungsi Suriah berjalan di kamp pengungsian di Irak

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Badan pengungsi PBB mengatakan pengungsi dari Suriah mencapai tujuh juta orang. Jumlah itu mencapai sepertiga dari populasi Suriah.

Mereka mengungsi dari perang sipil yang telah terjadi 2,5 tahun. Kepala badan pengungsi PBB, Tarik Kurdi mengatakan 5 juta orang pengungsi di Suriah. Sementara, dua juta orang lainnya keluar dan mengungsi ke negara tetangga. Dia mengatakan dua juta anak-anak mendapat dampak dari perang sipil tersebut.

Dalam laporan yang dilansir Arabnews, Senin (2/9), Kurdi menyatakan kebutuhan untuk pengungsi tinggi. Sementara, kesenjangan antara biaya untuk memenuhi kebutuhan pengungsi dengan pemasukan tinggi. Donor internasional, kata dia, hanya memenuhi sepertiga dari kebutuhan pengungsi yang melarikan diri dari peperangan.

Lebih dari 100 ribu orang dilaporkan tewas dalam peperangan untuk menggulingkan Presiden Bashar Assad sejak 2011. Sementara itu, Amerika Serikat mengancam menyerang Suriah setelah ditemukan bukti adanya senjata kimia. Dalam laporan AS, lebih dari 1.000 orang tewas dalam serangan senjata kimia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement