Senin 02 Sep 2013 21:03 WIB

Titik Radiasi Baru Ditemukan Dekat Tanki Air Reaktor Fukushima

Reaktor Nuklir di Fukushima, Jepang
Foto: AP
Reaktor Nuklir di Fukushima, Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Operator reaktor nuklir Fukushima, Tokyo Electric Power Co, pada Senin mengatakan petugas patrolinya menemukan satu titik baru radiasi tinggi di dekat tangki untuk menyimpan air tercemar.

Penemuan terakhir itu, yang diungkapkan Tokyo Electric, muncul sehari sebelum Pemerintah Jepang mengumumkan langkah baru untuk mengatasi masalah serius dalam mengendalikan sebaran air radiasi di Fukushima serta menghadapi kritik bahwa fasilitas tersebut menanggapi dengan ceroboh bencana nuklir terburuk sejak Chernobyl tersebut.

Tokyo Electric mengatakan pihaknya menemukan bacaan radiasi di atas 100 millisieverts per jam di tanah dekat tangki penyimpanan air. Titik panas terakhir berada di daerah yang berbeda dengan tangki yang merembeskan 300 ton air radioaktif pada Agustus.

Tokyo Electric dalam sebuah pernyataan mengatakan tidak ada tanda-tanda rembesan air di sekitar titik temuan radiasi tinggi baru itu.

Pihak reaktor tidak memberikan bacaan tingkat radiasi karena para pekerja menggunakan instrumen yang hanya mencatat radiasi tak lebih dari 100 millisieverts. Batas paparan radiasi akumulasi yang diperbolehkan untuk para pekerja Jepang adalah 100 millisieverts selama lima tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement