Rabu 04 Sep 2013 09:50 WIB

Gempa 6,9 SR Guncang Jepang, Tak Berpotensi Tsunami

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Gempa bumi mengguncang wilayah Tokyo dan Jepang timur, Rabu pagi (4/9). Belum ada laporan korban luka atau kerusakan akibat gempa tersebut. Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa berkekuatan 6,9 SR dan berpusat di lepas pantai dekat Torishima, bagian dari Izu Island sekitar 600 kilometer selatan Tokyo. 

Gempa tersebut berada di kisaran atas kekuatan yang mampu menyebabkan kerusakan besar pada bangunan. Namun, Sebagian besar bangunan di Jepang memenuhi standar tahan gempa dan mampu menahan getaran. 

Meski jauh dari pusat gempa, getaran dirasakan dari utara pulau utama Honshu ke barat. Di Tokyo, gedung bergetar selama beberapa saat. Penyiar NHK mengatakan beberapa jalur kereta api berhenti sebentar untuk pemeriksaan keamanan. Gempa tersebut tidak membuat ada peringatakan tsunami.

Survei dari Geologi AS mengukur gempa sebesar 6,5 SR dan mengatakan berada di kedalaman 404 km. Dalam laporan Huffingtonpost, Jepang sering dilanda gempa. Pada Maret 2011, gempa berkekuatan 9 SR yang diikuti tsunami menewaskan lebih dari 18 ribu orang dan menghancurkan garis pantai ratusan mil. Gempa juga melumpuhkan pembangkit tenaga nuklir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement