Kamis 05 Sep 2013 12:55 WIB

Pemuka Agama Katholik AS Tolak Serangan AS ke Suriah

Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah
Foto: Guardian
Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINTON -- Para pemuka agama gereja Katholik di Amerika Serikat (AS) menentang aksi militer ke Suriah. Dikatakan, langkah tersebut akan mengarah pada akibat yang lebih buruk.

Dalam surat yang ditujukan kepada Presiden Barack Obama, Konferensi Uskup Katholik AS mengatakan, Washington justru harus segera bekerja tanpa lelah bersama negara lain untuk mengakhiri perang saudara di Suriah.

Meski pun mengecam pemakaian senjata kimia di Suriah, Paus Fransiskus dan seluruh uskup nasrani di Timur Tengah mendesak masyarakat internasional untuk menghindari intervensi militer.

"Mereka menyatakan dengan jelas bahwa serangan militer akan kontra-produktif. Akan makin memperkeruh suasana yang sudah mematikan dan juga bakal membawa akibat yang lebih buruk."

Penandatanganan surat itu dilakukan Kardinal New York, Timothy Dolan, sebagai ketua Konferensi serta Uskup Richard Pates dari Iowa, selaku ketua komite perdamaian dan keadilan internasional.

Gereja Katholik adalah komunitas terbesar di antara umat nasrani di AS. Paus Fransiskus bahkan telah mengumumkan untuk berpuasa satu hari demi berdoa bagi Suriah. Ia juga mengatakan, Tuhan dan sejarah akan mengadili mereka yang menggunakan senjata kimia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement