Jumat 06 Sep 2013 13:08 WIB

41 Gajah Mati Diracuni Pemburu Gelap

Gajah (Ilustrasi)
Foto: AP/Anupam Nath
Gajah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HARARE -- Pemburu gelap di taman nasional utama Zimbabwe membunuh 41 gajah dengan cara meracuni kolam tempat hewan itu minum. Mereka meracuninya dengan menggunakan bahan kimia mematikan. Demikian laporan media setempat pada Kamis (5/9).

Polisi telah menangkap enam tersangka dan khawatir dengan metode berburu mereka yang sangat kejam tersebut di Taman Nasional Hwange yang berukuran 14.651 kilometer persegi.

Cara mereka tersebut dapat mengancam kehidupan ratusan hewan sebab racun itu akan berputar dan mencemarkan seluruh sistem ekologi.

Dua bangkai gajah yang sudah tak memiliki gading dan membusuk ditemukan. ''Sementara, 17 gading dengan nilai 120.000 dolar AS disita dari para tersangka,'' kata Chronicle sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Jumat.

Pemerintah masih mencari bangkai gajah lain. Pemerintah juga merancang rencana guna mengekang dampak yang menjadi bencana buat lingkungan hidup.

Zimbabwe, negara tanpa laut di Afrika Selatan yang terletak di antara Sungai Zambezi dan Sungai Limpopo, adalah habitat lebih dari 100.000 gajah dan 700 badak. Tapi, kelangsungan hidup mereka seringkali terancam oleh perburuan gelap yang merajalela.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement