Sabtu 07 Sep 2013 21:56 WIB

Hari ini di 1901 Pemberontakan Boxer Berakhir

Lukisan pemberontakan Boxer melawan orang asing
Foto: historia
Lukisan pemberontakan Boxer melawan orang asing

REPUBLIKA.CO.ID,Pemberontakan Boxer adalah pemberontakan di Cina dari November 1899 sampai hari ini di 1901, terhadap kekuasaan asing disektor perdagangan, politik, agama, dan teknologi.

Boxer memulai aksinya sebagai gerakan anti-asing, anti-imperialis, dan merupakan pergerakan berdasarkan petani di Cina utara. Mereka menyerang orang asing yang membangun jalur kereta api dan melanggar Feng Shui, dan juga orang Kristen yang dianggap bertanggung jawab untuk dominasi asing di Cina.

Pada Juni 1900, Boxer menyerang Beijing dan membunuh 230 orang non-Tionghoa. Banyak Tionghoa Kristen, orang Katolik terbunuh di provinsi Shandong dan Shanxi sebagai bagian dari pemberontakan. Dengan slogan 'Dukung Qing, hancurkan Barat' mereka terus beraksi.

Diplomat, penduduk, tentara asing, serta beberapa Tionghoa Kristen melarikan diri ke Legation Quarter dan tinggal selama 55 hari hingga Aliansi Delapan Negara datang dengan 20.000 tentara untuk memadamkan pemberontakan.

Protokol Boxer pada hari ini di 1901 mengakhiri pemberontakan dan mengenakan sanksi yang berat terhadap Dinasti Qing, seperti ganti rugi sebesar 450 juta tael perak.

Adanya protokol ini sangat mempengaruhi kondisi politik, ekonomi, dan sosial pemerintah dan penduduk Cina pada saat itu. Pemerintahan tidak lagi dipercaya dan terjadi kenaikkan pajak yang besar menyebabkan Dinasti Qing semakin melemah dan akhirnya dijatuhkan melalui sebuah revolusi pada tahun 1911

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement