Ahad 08 Sep 2013 08:10 WIB

Menkes Iran Kecam Sanksi Perobatan Barat

Sanksi terhadap Iran (ilustrasi)
Sanksi terhadap Iran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Kesehatan, Perobatan dan Pendidikan Kedokteran Iran, Hassan Hashemi, Sabtu (7/9) waktu setempat mengecam pemerintah Amerika Serikat dan Barat untuk sanksi terhadap obat-obatan Iran.

Dia membuat pernyataan dalam pertemuan dengan tamu Direktur Regional WHO untuk Mediterania Timur, Ala Alwan.

Hassan mengatakan bahwa Sekjen PBB harus mengambil langkah-langkah praktis untuk menghapus sanksi-sanksi yang bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan itu.

Menteri kesehatan mengatakan bahwa Sekjen PBB diharapkan untuk membuat pengaturan transaksi oleh setidaknya salah satu bank, sehingga Iran akan mampu mendapatkan obat-obatan yang diperlukan dan peralatan medis melalui bank.

Dia mengatakan bahwa pemerintah Barat menyatakan kebohongan dengan mengklaim bahwa mereka belum menjatuhkan sanksi terhadap obat-obatan dan perlengkapan medis terhadap Iran. Namun, sanksi pada Bank Sentral Iran telah memblokir transaksi pada pasokan medis yang akan dilakukan oleh sistem perbankan.

Hassan mendesak WHO untuk membentuk pusat kerja sama kesehatan pedesaan dan perkotaan di Iran, mengingat pengalaman sukses di lapangan.

Alwan akan bertemu dengan wakil presiden pertama, menteri koperasi, kesejahteraan tenaga kerja dan sosial, kepala Dewan Kota Teheran dan wakil wali kota selama tinggal dua hari di Teheran.

sumber : Antara/IRNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement