Ahad 08 Sep 2013 14:32 WIB

Indonesia Berikan Selamat Terpilihnya Tony Abbot Sebagai PM Australia

Rep: Esthi Maharani / Red: Djibril Muhammad
Pemimpin kubu oposisi Australia, Tony Abbott
Foto: AP PHOTO
Pemimpin kubu oposisi Australia, Tony Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Tony Abbot sebagai Perdana Menteri Australia yang baru.

"Presiden sudah dilaporkan, duta besar kita sudah melaporkan secara langsung mengenai ucapan selamat dari Kevin Rudd kepada Tony Abbot sebagai PM ke depan," kata staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah, Ahad (8/9).

Ia mengatakan sambil menunggu pelantikan resmi PM Australia yang baru, Indonesia tetap akan berhubungan dengan pemerintah transisi.

Menurut dia, dengan pemerintahan baru Australia yang berasal dari Partai Nasional seharusnya tidak ada persoalan. Sebab, di masa lalu pun Indonesia pernah berhubungan baik dengan PM Australia yang berasal dari partai tersebut.

"Kita pernah punya pengalaman di masa lalu bekerja sama dengan pemerintahan dari Partai Nasional. Yang jelas, siapa pun yang memegang pemerintahan kita akan mengembangkan hubungan pemerintahan," katanya.

Ia pun mengharapkan kerangka hubungan antara Indonesia dan Australia tetap bisa berjalan. Apalagi sejumlah perjanjian kemitraan strategis sudah dilakukan.

"Siapa pun kepala pemerintahan apakah dari Partai Nasional atau Partai Buruh, hubungan yang sudah baik tinggal dilanjutkan saja," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement