Senin 09 Sep 2013 21:09 WIB

Vietnam Kerjasama Kembangkan Nuklir dengan Korsel

Reaktor nuklir
Foto: ap
Reaktor nuklir

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI-- Vietnam pada Senin berjanji bekerja sama dengan Korea Selatan dalam pengembangan tenaga nuklir, membantu perusahaan Korsel berperan serta dalam serangkaian proyek prasarana dan energi, kata pernyataan bersama.

Perjanjian itu  dicapai pada pertemuan tingkat tinggi di Hanoi antara Presiden Korsel Park Geun-hye dengan Presiden Truong Tan Sang. Kesepakatan menyebutkan pula kedua negara berusaha menandatangani perjanjian perdagangan bebas dwipihak pada tahun depan.

Pembicaraan kedua pemimpin didominasi oleh isu-isu kerja sama ekonomi yang menguntungkan bagi Korsel tetapi juga proyek-proyek bantuan pembangunan bagi Vietnam.

"Kedua pihak saling memahami bahwa berbagi pengalaman dalam pembangunan dan teknologi pembangkit tenaga nuklir akan menyumbang bagi penguatan industri tenaga nuklir Vietnam," kata pernyataan itu.

Vietnam berencana membangun 10 reaktor nuklir pada 2030 dan Korsel berharap dapat berperan serta dalam konstruksi dua di antara 10 fasilitas tersebut. Setiap pembangkit akan memproduksi lebih 1.000 MW. Dua proyek reaktor itu bernilai 10 miliar dolar AS. Rusia dan Jepang dikabarkan juga melirik untuk berpartisipasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement