Selasa 10 Sep 2013 22:48 WIB

Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020, Ekonomi Jepang Bisa Meningkat

Red:
Olimpiade di Jepang
Olimpiade di Jepang

TOKYO -- Perekonomian Jepang diprediksi bisa terdorong saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 di Tokyo.

Jepang sepertinya bisa meningkatkan perekonomiaan saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bursa saham di Jepang sekarang ini sedang meningkat, tertinggi dalam sebulan, sementara data pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua naik hingga 3,8 persen.

Pengamat ekonomi senior dari JP Morgan, Masamichi Adachi mengatakan kepada ABC Radio Australia bahwa ada indikator perbaikan ekonomi di Jepang. "Tren pertumbuhannya sangat solid, jadi bisa dikatakan perekonomian Jepang sedang berjalan baik saat ini," ujar Masamichi.

Bahkan menurutnya Olimpiade bisa mendorong peningkatan lebih lanjut, baik secara ekonomi maupun psikologi. "Sepertinya, poin yang sangat mempengaruhi adalah sentimen dari kabar Jepang yang bisa menjadi tuan rumah olahraga internasional, jadi memerlukan investasi lebih besar," tambahnya.

Tapi ditengah persiapan dan pengerjaan proyek besar untuk Olimpiade, masih banyak hal yang harus dilakukan. Pekan lalu, Pemerintahan Abe telah menjanjikan uang senilai $500 juta untuk perbaikan kerusakan pembangkit nuklir Fukushima.

Jepang juga sedang dililit hutang yang besar, ditambah jumlah populasi orang tua yang semakin bertambah.

Perdana Menteri Shinzo Abe juga akan mempertimbangkan untuk meningkatkan pajak dari penjualan.

Sementara, Ketua Ekonomis dari RBS Securities, Junko Nishioka mengatakan prioritas utama negara berpopulasi 130 juta orang ini adalah mengawasi anggaran belanja.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement