Rabu 11 Sep 2013 10:00 WIB

Muncul Gerakan Dukung Alsisi Jadi Presiden Mesir

Abdul Fatah Alsisi
Foto: EPA/Khaled Elfiqi
Abdul Fatah Alsisi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sebuah kampanye telah diluncurkan di Kairo untuk mendorong pimpinan militer Jenderal Abdul Fattah Alsisi menjadi presiden Mesir.

Kampanye ini bertujuan mengumpulkan 30 juta tanda tangan mendukung nominasi Alsisi dalam pemilihan presiden mendatang. ''Ini mengikuti saran media yang menunjuk Alsisi maju menjadi presiden,'' sebut laporan MEMO seperti dipantau MINA.

Sementara itu, Alsisi mengangkat dirinya sendiri menjadi Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan pemerintahan kudeta yang menggulingkan presiden terpilih Muhammad Mursi pada Juli lalu.

Pencetus kampanye tersebut, Nasrallah Rifai, mengatakan bahwa Alsisi merupakan kandidat terbaik untuk memimpin Mesir selama fase berikutnya.

"Dia menyelamatkan Mesir dari kekuasaan Ikhwanul Muslimin (IM)," ujar Rifai menggambarkan gerakan tersebut sebagai organisasi teroris.

Rifai menyatakan bahwa dalam memenangkan pemilu, IM telah merebut kekuasaan, yang membuat orang-orang Mesir menderita. Dia mengatakan bahwa sikap berani Alsisi yang menyelamatkan rakyat Mesir.

Melalui Alsisi, lanjut Rifai, Mesir akan kembali menjadi yang terdepan di dunia Arab dan internasional. Namun, Alsisi telah menegaskan beberapa kali bahwa ia tidak berniat untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement