Jumat 13 Sep 2013 18:52 WIB

37 Orang Tewas Dalam Kebakaran di Rumah Sakit Jiwa Rusia

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Kebakaran (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kebakaran di sebuah rumah sakit jiwa di Rusia menewaskan 37 orang. Sekitar 10 mayat dari 37 korban ditemukan dari reruntuhan bangunan yang terbakar habis dalam kebakaran menjelang pagi. Namun, Komite Investigasi Rusia bagian Novgorod tidak mengatakan rincian 27 korban lainnya. 

Kebakaran di rumah sakit satu lantai di desa Luka Novgorod barat laut terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari waktu setempat, Jumat (13/9). Dalam laporan Al-Jazeera, kebakaran melanda sebagian besar bangunan kayu dari abad ke-19 tersebut. Otoritas setempat meminta fasilitas tersebut ditutup. 

Namun, administrasi rumah sakit memenangkan izin untuk menggunakannya sampai tahun depan. Otoritas mengatakan kebakaran diduga terjadi karena pasien merokok. Seorang saksi mata yang dikutip Rossiya 24 news juga mengkonfirmasi hal itu. Laporan menyatakan pria yang memicu kebakaran telah diamankan. 

Kantor darurat setempat mengatakan 23 dari 60 orang yang berada di dalam gedung saat kebakaran telah dievakuasi. Pekerja menyisir hutan di dekatnya untuk mencegah kemungkinan pasien melarikan diri. Rusia mencatat rekor keamanan kebakaran yang buruk dengan sekitar 12 ribu kematian dilaporkan pada 2012. Kebakaran di sebuah rumah sakit jiwa di dekat Moskow menewaskan 38 orang pada April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement