Senin 16 Sep 2013 12:58 WIB

Kapal Singapura dan Kapal Vietnam Tabrakan, Satu Tewas Tujuh Hilang

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Satu kapal barang Singapura dan satu kapal penangkap ikan Vietnam bertabrakkan di lepas pantai Provinsi Vung Tau, Vietnam Selatan, Senin pagi. Insiden tabrakan ini menewaskan satu orang dan membuat tujuh orang lagi hilang. Demikian laporan VNExpress.

Kapal barang Singapura, Sima Saphire --yang dalam pelayaran dari Kota Ho Chi Minh, Vietnam selatan, menuju Malaysia--, bertabrakkan dengan kapal penangkap ikan Vietnam yang membawa 16 orang. 

Lokasi tabrakan di satu tempat sekitar 50 mil laut di sebelah selatan Provinsi Vung Tau. Tabrakan tersebut membuat semua 16 anggota awak kapal nelayan terlempar ke laut.

''Delapan di antara mereka yang terlempar ke laut itu diselapatkan oleh kapal Singapura itu. Sementara, yang lain hilang,'' sebut laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Senin.

Laporan itu mengutip Le Van Chien, Direktur Administrasi Pelabuhan Vung Tau, yang mengatakan kecelakaan tersebut terjadi pada Senin (16/9) sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Pusat Koordinasi Pencarian dan Pertolongan Maritim Vietnam di Zona 3 melancarkan operasi pertolongan tak lama setelah mendapat pemberitahuan mengenai kecelakaan itu.

Operasi tersebut melibatkan dua kapal pertolongan SAR 413 dan SAR 272. Beberapa kapal penangkap ikan setempat yang beroperasi di sekitar lokasi kecelakaan juga ikut membantu pencarian korban hilang.

''Satu helikopter Resimen Angkatan Udara 917 juga dikerahkan untuk membantu menemukan nelayan yang hilang,'' kata laporan itu.

Hingga Senin pukul 09.00 waktu setempat, satu korban ditemukan dalam keadaan tewas. Sementara tujuh nelayan lagi belum ditemukan.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement